Minggu, 10 April 2011

Eddy Current

arus eddy disebut juga arus Foucault karena ditemukan oleh Leon Foucault, seorang fisikawan Perancis pada tahun 1851.

arus eddy adalah arus induksi yang muncul akibat konduktor yang bergerak dalam medan magnet. arus ini dapat terlihat melalui percobaan ayunan Waltenhofen. ketika keping konduktor pejal diayunkan dalam medan magnet, gerakannya akan terhambat karena pada saat melewati medan magnet terjadi perubahan fluks magnet. akibatnya, elektron bebas bergerak (mengalami gaya Lorenz). ada gerakan elektron berarti ada arus yang arahnya berlawanan dengan arus elektron berupa lingkaran.



dengan kata lain, jika sebuah konduktor digerakkan memotong medan magnet, yang berarti ada perubahan melingkar konduktor yang terjadi karena posisi konduktor berubah relatif terhadap arah medan magnet yang tetap. sebaliknya, arus eddy juga bisa terjadi jika medan magnet itu besarnya berubah-ubah dan memotong konduktor yang tetap. inilah yang terjadi pada trafo.



ketika konduktor bergerak memotong medan magnet atau medan magnet yang besarnya berubah-ubah memotong konduktor maka akan muncul medan induksi pada sekitar konduktor. medan induksi ini yang arahnya tidak sama dengan medan penyebabnya akan menghasilkan medan pusaran. dan jika bahan inti ini bersifat konduktif, maka medan pusar ini akan menghasilkan arus pusar pada inti. jika pada konduktor ada sifat resistif, maka akan muncul rugi-rugi berupa panas.



arus yang mengalir pada trafo akan menyebabkan fluks magnet yang akan menginduksi arus eddy. arus eddy mengalir ke seluruh bagian trafo yang terbuat dari bahan penghantar sehingga menyebabkan panas bertambah. nilai rugi-rugi ini sebanding dengan kuadrat dari frekuensi-frekuensi arus harmonisa. untuk arus harmonisa yang besar, rugi-rugi arus eddy pada kumpparan adalah paling dominan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar